Salah satu perwujudan tridharma perguruan tinggi adalah kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang dilakukan dosen setiap semesternya. Program Studi S-1 Pendidikan Matematika melaksanakan kegiatan pengabdian di SMPN 35 Palembang dengan tema sesuai perwujudan visi dan misi keilmuan prodi, yakni “Pembelajaran Berbasis Etnomatematika dan ICT untuk mendukung Pembelajaran Matematika Abad 21”. Tema ini diangkat sebagai tema pengabdian prodi Semester Ganjil 2022/2023.

Kegiatan PKM dihadiri dosen dan mahasiswa prodi Pendidikan Matematika UIN Raden Fatah Palembang serta peserta kegiatan yakni, Guru dan siswa SMPN 35 Palembang. Kegiatan dilaksanakan pada Hari Rabu, 26 Oktober 2022 di SMPN 35 Palembang dimulai pukul 09.00 WIB sampai selesai. Dr. Hartatiana, M.Pd. selaku ketua prodi Pendidikan Matematika sekaligus ketua kelompok PKM memberikan sambutan dan juga menyampaikan maksud, tujuan, dan ucapan terimakasih atas kesempatan berbagi ilmu dengan guru dan siswa di SMPN 35 Palembang. Dari pihak SMPN 35 Palembang, Bapak Firli, S.Pd. selaku wakil kepala sekolah bidang sarana dan prasarana SMPN 35 Palembang yang mengucapkan selamat datang dan juga terimakasih telah diberikan kesempatan berbagai ilmu bersama prodi Pendidikan Matematika.

Kegiatan PKM diisi dengan paparan materi dari para narasumber dosen Prodi Pendidikan Matematika, pada kelompok PKM ini terdapat 3 kelompok narasumber yang menyampaikan materi dari hasil penelitian kolaboratif tahun 2001-2022 dan menyerahkan produk penelitian untuk guru matematika SMPN 35 Palembang. Narasumber pertama adalah Ibu Dr. Hartatiana, M.Pd, Ibu Ambarsari Kusuma Wardani, M.Pd., dkk yang membawakan materi dengan judul “Integrasi Kearifan Lokal Sumatera Selatan pada Bahan Ajar” dengan melibatkan 3 orang mahasiswa yakni Yona Sesaria, Putri Witra Santika, dan Tiara Nurul Rahmani. Narasumber kedua adalah Ibu Riza Agustiani, M.Pd, Ibu Atika Zahra, M.Pd., dkk yang membawakan materi dengan judul “Desain Pembelajaran Operasi Hitung Aljabar Menggunakan Konteks Kuliner Nusantara dengan Augmented Reality: Operasi Penjumlahan dan Pengurangan Aljabar” dengan melibatkan 2 orang mahasiswa yakni Maira Nevarini dan Riski Rahmatul Lailiyah. Narasumber ketiga adalah Bapak Harisman Nizar, M.Pd, dkk yang membawakan materi dengan judul “Pengembangan Soal Matematika Tipe PISA dengan Konteks Islami Di SMP” bersama 2 orang mahasiswa yakni Miranda Salim Paseban dan Tyaz Nur Azizahdan 1 orang alumni Mar’atus Syakdia, S.Pd. Selain paparan materi dan penyerahan produk hasil penelitian, kegiatan PKM diiisi dengan diskusi tanya jawab antara narasumber, siswa dan guru. Tim PKM menyiapkan hadiah doorprize untuk menambah antusias peserta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *